Kecantikan, Kebutuhan Primer atau Tersier



Jikalau anda melihat sesuatu yang indah dikejauhan apakah anda akan langsung melihat atau sempat berpaling? Seorang manusia sangat erat kaitannya dengan keindahan. Kita hidup berdampingan dengan makhluk lain dapat pula disebut keindahan. Namun hal yang paling dekat dengan keindahan adalah Wanita.

Wanita adalah kata yang umum digunakan untuk menggambarkan perempuan dewasa. Perempuan yang sudah menikah juga biasa dipanggil dengan sebutan ibu. Untuk perempuan yang belum menikah atau berada antara umur 16 hingga 21 tahun disebut juga dengan anak gadis.

Namun kenapa wanita? disaat wanita mencapai masa reproduksi yang cukup. Mereka menghasilkan hormon yang membuat kulit menjadi lebih halus, pinggul melebar dan sebagainya yang membuat kita para lelaki kebanyakan berdecak kagum bahkan diantaranya berfikiran tak senonoh tentang hal tersebut.

Keindahan

Sebagai pernyataan lengkap tentang apa itu keindahan. Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah "kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.

Pengalaman "keindahan" sering melibatkan penafsiran beberapa entitas yang seimbang dan selaras dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketenteraman emosional. Karena ini adalah pengalaman subyektif, sering dikatakan bahwa beauty is in the eye of the beholder atau "keindahan itu berada pada mata yang melihatnya.""

Kata benda Yunani klasik untuk "keindahan " adalah κάλλος, kallos, dan kata sifat untuk "indah" itu καλός, kalos. Kata bahasa Yunani Koine untuk indah itu ὡραῖος, hōraios,[2] kata sifat etimologis berasal dari kata ὥρα, hora, yang berarti "jam." Dalam bahasa Yunani Koine, keindahan demikian dikaitkan dengan "berada di jam (waktu) yang sepatutnya."

Sebuah buah yang matang (pada waktunya) dianggap indah, sedangkan seorang wanita muda mencoba untuk tampil lebih tua atau seorang wanita tua mencoba untuk tampil lebih muda tidak akan dianggap cantik. Dalam bahasa Yunani Attic, hōraios memiliki banyak makna, termasuk "muda" dan "usia matang.



Wanita dan Kecantikan

merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, Wanita Selalu Identik dengan Kecantikan. Begitupun sebaliknya, kecantikan selalu identik dengan wanita. Jika diibaratkan, Kecantikan merupakan napas bagi setiap wanita,Napas yang harus selalu dihirup. Selain itu, Kecantikan pun menjadi sebuah keharusan bagi seorang wanita. Cantik itu relatif.

Cantik pun tidak hanya secara fisik, tapi juga cantik dalam hati. Namun secara umum, wanita ingin menampilkan fisisknya terlihat cantik. Cantik menurut wanita biasanya memiliki kulit mulus,putih bersih,tubuh lansing dan lain sebagainya. Hal itu memang indikator kecantikan.


Lalu sebenarnya apa gunanya kecantikan itu pada kehidupan sehari-hari?

Akhir-akhir ini sepertinya kecantikan menjadi kebutuhan primer kita dalam mencari pekerjaan. Karena diharapkan selain memiliki kemampuan yang mumpuni seorang pekerja dapat pula memiliki penampilan yang menarik.

Seperti bertemu klien, menjadi sales di perusahaan serta advertising, Kebanyakan pada perusahaan yang disebutkan mengharapkan hal tersebut. Namun apa mungkin masih ada kesempatan untuk yang tidak terlalu berpenampilan menarik?

Tentu tidak, sebenarnya yang paling dibutuhkan oleh perusahaan besar bukanlah orang yang memiliki paras yang aduhai. Namun lebih bagaimana attitude sang pelamar. Apakah mau berkerja keras atau tidak.

Lalu bagaimana dengan wanita yang selalu ingin tampil cantik di sosial media serta keramaian? Kebanyakan dari mereka lebih banyak mencari eksistensi diri demi mendapatkan pengakuan orang banyak tentang keadaan fisik mereka.

Apakah hal demikian berguna? Tentu berguna, segala apapun didunia ini yang memiliki hal positif itu berguna. Mereka tidak langsung mendapatkan kecantikan yang solid seperti itu. Mereka berkerja keras demi mencapainya. Namun bukan hanya penampilan fisik yang seharusnya di jadikan kebutuhan primer. Namun kecantikan dari dalam diri lebih penting dari apapun.

Segala yang berhubungan dengan kecantikan itu penting. Tapi sebenarnya tidak perlu menyakiti diri sendiri demi mencapai prosesnya. Boleh saja kecantikan dijadikan kebutuhan primer, namun sebenarnya kecantikan itu kodratnya tersier. Namun terserah pembaca dalam mengambil keputusan. Jadikan diri sendiri penting, maka kecantikan pun akan merona dari dalam dirimu :)

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Keindahan
http://www.perawatancantik.com

Comments

Popular Posts