Tanggung Jawab Sang Pemain Clash of Clans!



Pernah ga sih ngeliat teman miringin handphonenya ke posisi landscape sambil ngumpul-ngumpul?

Trus kaya ngebahas hal yang seru banget tapi kalo ngumpul itu" aja. Kaya nonton film yang nggak-nggak ya?

Sebenarnya tidak, mungkin hanya beberapa dari teman kamu yang main game satu ini, yaitu Clash of Clans. Yaitu permainan video game strategi freemium pada perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Supercell, Sebuah perusahaan video game yang berbasis di Helsinki, Finlandia.

Clash of Clans adalah sebuah game multiplayer online di mana pemain membangun komunitas, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain untuk mendapatkan emas, elixir dan dark elixir, membangun pertahanan yang melindungi pemain dari serangan pemain lain, dan untuk melatih serta meningkatkan kemampuan maupun jumlah pasukan. Permainan ini juga dilengkapi kampanye pseudo di mana pemain harus menyerang serangkaian benteng desa milik goblin.

Game ini tidak hanya terkenal dikalangan anak kecil, tapi sampai orang tua pun ikut memainkannya. Namun apakah baik game yang dapat dibawa kemanapun seseorang pergi menemani disetiap aktifitasnya. Dan bagaimana tentang tanggung jawab sang pemain di kehidupan nyatanya.

Faktanya bermain game online di komputer yang di letakkan di rumah saja dapat menyita waktu sampai berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan.

Bagi orang tua yang tidak pernah bermain game ini pasti mengatakan itu hanya game saja, hanya untuk hiburan semata. Tapi kebanyakan orang bermain game ini secara berlebihan sampai melupakan tugas utama sebagai manusia di dunia.

Bermain game clash of clans kemungkinan dapat mengganggu aktifitas seseorang. Contoh seperti anak yang sedang menangis di kamar, sang suami terlihat bermain clash of clans tanpa menghiraukan lagi lingkungan sekitar di beberapa kasus.

Saya pernah membaca blog yaitu blog disini dibahas tentang sang ibu yang merasa di tidak perdulikan oleh keluarganya karena seluruh keluarga terpikat pada game ini. Lalu apa CoC itu mengganggu tanggung jawab sang pemain?

Namun saya juga pernah membaca, bahwa sang presiden kita yaitu Jokowi ikut memainkan game ini tapi juga dapat mengurus negara dengan baik. Seperti pada berita di Tekno Liputan6.com, Kamis (29/1/2015), di foto-foto yang beredar, Jokowi sedang memakai kemeja putih dan sedang duduk di sofa, memegang iPad dan memainkan game populer asal Finlandia tersebut. Tampak pula beberapa orang duduk di sekitar Jokowi, namun Jokowi terlihat sedang fokus memainkan jari-jarinya di iPad.



Lalu apakah coc itu membawa keburukan atau melatih sang pemain untuk mengatur waktu sebaik-baiknya? Jujur saya adalah pemain CoC dan game ini pun adalah game satu-satunya di Handphone saya. Namun terkadang saya terkadang merasa terbawa oleh game ini dan bahkan memainkannya sambil menyetir.

Namun sepertinya semua game dapat menyita waktu, atau pula dapat menjadi pengisi waktu senggang tergantung pada sang pemain bertanggung jawab pada managerial waktu.

Semua bergantung pada Tanggung Jawab pemain terhadap pengaturan aktifitasnya. Maaf kalo postnya panjang ya. Have a nice day :)

Referensi:
http://www.mamaniza.com/2015/01/kemaruk-clash-of-clans.html
http://tekno.liputan6.com/read/2168075/jokowi-gemar-main-game-clash-of-clans
http://id.wikipedia.org/wiki/Clash_of_Clans

Comments

Popular Posts