Yuk Kita Mengenal Hongkong!

Berkas:Kowloon Panorama by Ryan Cheng 2010.jpg

Salam guys, pernah ga sih ngedenger nama kota satu ini yaitu Hong Kong. Sebuah kota yang dulu milik inggris lalu dikembalikan ke China. Ya memang benar Hong Kong memang kota yang istimewa. Setelah sekian dekade berada dalam konstitusi kerajaan Inggris, pada tahun 1997, mereka menyerahkan Hong Kong kepada China. Dibuatlah perjanjian yang memberlakukan sistem demokrasi agar setiap warga punya hak pilih penuh. Hong Kong (dan Makau) menjadi Special Administrative Region. Hal ini membuat China menjadi satu negara dengan dua sistem pemerintahan. Dahulu saya sering salah terka, Hong Kong itu bukan suatu kota pada China. Maklum film-film Chinese dulu membuat Hong Kong seperti tidak berhubungan sama sekali dengan RRC. Pada post blog kali ini saya akan menceritakan destinasi tempat yang saya akan kunjungi pada ekskursi arsitektur nanti yaitu Kota Istimewa ini.

Hong Kong (Mandarin: 香港 ; Pinyin: Xiānggǎng; resminya Daerah Administratif Khusus Hong Kong) adalah kota yang terletak di bagian tenggara Tiongkok di Pearl River Estuari dan Laut Tiongkok Selatan. Hong Kong terkenal dengan perkembangannya yang ekspansif, pelabuhan laut dalam alami, dan kepadatan penduduk yang sangat tinggi (sekitar 7 juta jiwa pada lahan seluas 1,104 km2 (426 sq mi). Populasi Hong Kong saat ini terdiri dari 93.6% etnis Tionghoa. Sebagian besar dari penduduk Hong Kong yang berbahasa Kanton berasal dari Provinsi Guangdong, di mana penduduk dengan keterampilan melarikan diri ketika pemerintah komunis mengontrol Tiongkok tahun 1949.


Keterbatasan lahan menjadikan infrastrukturnya padat dengan arsitektur modern, menjadikan Hong Kong sebagai kota paling vertikal di dunia. Hong Kong memiliki jaringan transportasi umum yang sangat baik, dan 90% penduduk menggunakan transportasi massal, baik kereta maupun bus.

Geografi




Hong Kong terletak di laut Tiongkok selatan, 60 km (37 mi) sebelah timur Makau di sisi berlawanan dari Pearl River Delta. Dikelilingi Laut Tiongkok Selatan di timur, selatan, dan barat, dan berbatasan dengan kota Shenzhen di utara, di seberang Sungai Sham Chun (Sungai Shenzhen). Luas daerahnya adalah 1,104 km2 (426 sq mi) terdiri dari Pulau Hong Kong, Kowloon, dan New Territories, dan lebih dari 200 pulau lepas pantai, Pulau Lantau adalah yang terbesar sedangkan Hong Kong adalah yang kedua terbesar dan populasinya adalah yang terbesar. Dari keseluruhan total, 1,054 km2 (407 sq mi) adalah darat dan 50 km2 (19 sq mi) adalah air. Hong Kong mengklaim laut teritorial sejauh 3 nautical mile (5.6 km). Luas daratan Hong Kong menjadikan luasannya urutan ke-179 di dunia.

Karena sebagian besar daratan Hong Kong adalah pegunungan dengan kecuraman tajam, kurang dari 25% luas daerahnya yang terbangun, dan sekitar 40% sisa luas daratan dijadikan taman kota dan cagar alam. Vegetasi ketinggian rendah di Hong Kong didominasi oleh hutan hujan sekunder, karena hutan primernya sudah hancur di Perang Dunia II. Sebagian besar pengembangan kota kawasan ini berada di semenanjung Kowloon, sepanjang pesisir utara Pulau Hong Kong, dan seluruh New Territories. Titik tertinggi di negara ini adalah Tai Mo Shan, dengan ketinggian 957 meter (3,140 ft) di atas permukaan laut. Pesisir Hong Kong yang panjang menjadikannya memiliki banyak sungai dan pantai. Pada 18 September 2011, UNESCO memasukkan Hong Kong National Geopark ke dalam Global Geoparks Network. Hong Kong Geopark terdiri dari 8 Geo-Area yang terbagi sepanjang Kawasan Batuan Vulkanik Sai Kung dan Kawasan Batuan Sedimen Timur Laut New Territories

Iklim

Musim Dingin (Winter)
Musim dingin berawal dari pertengahan Desember sampai bulan Febuari. Tidak ada salju di Hong Kong, tetapi suhu di sana agak dingin dan kering rata-rata berkisar sekitar 10 sampai 17 Celcius. Kadangala mengandalkan angin muson, suhu juga dapat jatuh di antara 5 sampai 10 derajat Celcius. Januari adalah bulan yang paling dingin di sana.

Musim Bunga (Spring)
Musim semi dimulai dari Maret sampai April. Suhu ketika musim semi akan berkisar sekitar 21 sampai 25 derajat Celcius. Kelembaban cuaca akan mulai meningkat sehingga dapat mencapai 80%. Suhu saat musim semi juga agak susah untuk di jangka dan selalu berubah berubah. Misalnya kalau cuaca sedikit dingin pada hari ini, tetapi itu bisa menjadi panas sedikit keesokan harinya.

Musim Panas (Summer)
Musim panas di sana umumnya panas, lembab dan tidak menetu. Ini dimulai dari bulan Mei sampai September. Kadangkala hujan dan terkadang cerah. Suhu saat musim panas adalah sekitar 26 - 30 derajat Celcius.

Musim Gugur (Autumn)
Musim gugur dikatakan memiliki cuaca yang tebaik sepanjang tahun di HK. Cuaca nyaman, itu tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Ini dimulai dari bulan Oktober sampai awal Desember. Suhu akan berkisar sekitar 20 derajat Celcius. Kelembaban akan mulai menurun. Jika faktor cuaca menjadi penentu, waktu yang terbaik untuk mengunjungi HK adalah pada akhir Oktober sampai awal Desember.

Topan (Typhon)
Salah satu yang terkait dengan cuaca yang harus di ambil tahu adalah berkenaan topan. Seringkali, badai akan terjadi di antara bulan April hingga November. Memang penduduk di HK selalu peka dengan kondisi cuaca dan ketika topan mendekati area HK, peringatan akan di keluarkan oleh Perkiraan Cuaca Hong Kong. Ada beberapa tingkat peringatan topan tergantung pada tingkat bahaya terdiri dari T1 (standby) hingga peringatan maksimum T10 (hurrricane). Biasanya ketika peringatan dikeluarkan pada tingkat T8, semua kantor, toko dan penerbangan akan dibatalkan. Peringatan bahaya topan sering di tampilkan di televisi, radio dan juga melalui aplikasi smart phone. Jangan khawatir, bangunan di sana memang di desain untuk manahan angin kuat dari topan, so no need to worry so much.

Budaya

Hong Kong sering disebut sebagai tempat di mana "timur bertemu dengan barat", merefleksikan campuran kebudayaan asal Tiongkok dengan dipengaruhi barat ketika menjadi koloni Inggris. Konsep feng shui dianggap sangat penting, dengan proyek konstruksi mahal umumnya merekrut konsultan yang ahli di bidangnya. Objek lainnya seperti kaca Ba gua masih digunakan untuk menolak roh jahat, dan bangunan-bangunan juga tidak pernah menyediakan lantai berapapun yang ada angka 4 di dalamnya, karena kesamaannya dengan kata "mati" dalam bahasa Kanton. Campuran timur dan barat juga mempengaruhi masakan Hong Kong, seperti dim sum, hot pot, dan restoran cepat saji berdampingan dengan adimasakan.

Hong Kong dikenal karena pusat perdagangan global dan menyebut dirinya sebagai "entertainment hub". Film-filmnya yang bertema seni bela diri mendapatkan kepopuleran tinggi di akhir 1960-an dan 1970an. Beberapa pemeran Hollywood, aktor terkenal dan seniman bela diri berasal dari Hong Kong, seperti Bruce Lee, Jackie Chan, Chow Yun-fat, Michelle Yeoh, Maggie Cheung dan Jet Li. Beberapa perfilman Hong Kong juga populer di Hollywood, seperti John Woo, Wong Kar-wai, dan Stephen Chow. Film-film seperti Chungking Express, Infernal Affairs, Shaolin Soccer, Rumble in the Bronx, In the Mood for Love dan Echoes of the Rainbow dikenal internasional. Hong Kong adalah pusat musik Cantopop, yang merupakan gabungan berbagai macam musik Tiongkok dan musik barat. Pemerintah Hong Kong mendukung berbagai institusi budaya seperti Museum Sejarah Hong Kong, Museum Seni Hong Kong, Hong Kong Academy for Performing Arts, dan Hong Kong Philharmonic Orchestra. Departemen Layanan Rekreasi dan Budaya mensubsidi dan mensponsori penampil internasional yang datang ke Hong Kong. Banyak kegiatan kebudayaan internasional diselenggarakan oleh pemerintah, konsulat, dan swasta.

Arsitektur

Menurut Emporis, ada 1.233 gedung pencakar langit di Hong Kong, menempatkan kota ini sebagai kota dengan pencakar langit terbanyak di dunia. Kepadatan penduduk yang tinggi ini disebabkan karena semakin sedikitnya lahan kosong yang tersedia, dan jarak rata-rata antara tepi pantai dengan pegunungan curam di Pulau Hong Kong berkisar 1.3 km (0.81 mi), banyak juga diantaranya dari tanah reklamasi. Kekurangan lahan ini menyebabkan berdirinya kantor-kantor dan perumahan tingkat tinggi. 36 dari 100 bangunan tempat tinggal tertinggi dunia ada di Hong Kong. Lebih banyak penduduk Hong Kong yang tinggal atau bekerja di lantai 14 atau lebih, menjadikannya kota paling vertikal di dunia.

Sebagai akibat dari kekurangan lahan dan permintaan konstruksi, sedikit gedung tua yang tersisa, dan kota ini menjadi pusat arsitektur modern. International Commerce Centre (ICC), dengan ketinggian 484 m (1,588 ft), adalah gedung tertinggi di Hong Kong dan ketiga tertinggi di dunia. Gedung tertinggi sebelum ICC adalah Two International Finance Centre, dengan ketinggian 415 m (1,362 ft). Gedung lain yang terkenal adalah Gedung kantor pusat HSBC Hong Kong, Central Plaza, The Center; A Symphony of Lights dan Menara Bank of China. Pemandangan Hong Kong juga sering disebut sebagai yang terbaik di dunia, dengan sekelilingnya pegunungan dan Pelabuhan Victoria. Kebanyakan gedung tertua yang tersisa, seperti Tsim Sha Tsui Clock Tower, Central Police Station, dan sisa-sisa Kowloon Walled City dibangun pada abad ke-19 dan awal abad 20.

Ada banyak pembangunan yang sedang dilakukan, termasuk pembangunan gedung-gedung pemerintah baru, pembangunan ulang waterfront di Central, dan beberapa proyek di Kowloon Barat. Banyak pengembangan baru diarahkan ke sisi lain Pelabuhan Victoria di Kowloon, semenjak penutupan Bandara Kai Tak tahun 1998. Urban Renewal Authority aktif dalam menghancurkan kawasan tua, termasuk pembangunan ulang kawasan Kwun Tong, pendekatan yang dikritisi karena dampaknya pada identitas budaya dan masyarakat berpenghasilan menengah bawah.

A brightly lit tall skyscraper at night
Two International Finance Centre di Central,
pusat komersial terintegrasi di Central

Hmm sepertinya cukup untuk post kali ini, sudah cukup panjang soalnya. takutnya pada capek bacanya. Pada post berikutnya saya akan membahas tentang Hong Kong. Soooo, keep update with me yaa selama beberapa minggu ini. Thanks for Reading! :)

Berkas:Hong Kong Skyline Panorama - Dec 2008.jpg

Referensi
http://membacaruang.com/kisah-hong-kong-di-balik-surealisme-okupasi-kota-dan-euforia-kesadaran-politik-kaum-muda/
https://id.wikipedia.org/wiki/Hong_Kong
https://mudabahaya.com/2014/01/15/598/

Comments

Popular Posts