Cara Membuat Rumah dengan Software
Cara membuat rumah di masa modern ini cenderung berbeda dari di masa lalu, disaat kita kecil pasti pernah melihat atau mendengar seorang arsitek dengan meja gambarnya menggambar di lembar kerja. Terkesan sangat keren dan arsitek banget kan :)
Nah disini kita akan membahas tentang bagaimana sih cara membuat rumah dengan software arsitektur, tentu membutuhkan keahlian dan kreatifitas yang bagus sehingga dapat dihasilkan sebuah gambar desain rumah dengan nilai-nilai keindahan arsitektur yang unik serta menarik, berbagai software arsitek dapat dipilih yang termudah untuk digunakan sehingga mampu menghasilkan kualitas gambar yang bagus, karena setiap software mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing sebagai alat untuk membuat rumah misalnya dengan software autocad 3d max google sketchup corel draw serta software desain rumah lainya Cara membuat rumah dengan autocad bisa dilakukan dengan cara mendownload terlebih dahulu software autocad versi terbaru atau lama menyesuaikan dengan kemudahan dalam penggunaan dan pengenalan tombol menu yang tersedia, dengan software autocad dapat dibuat rumah 2 dimensi atau 3 dimensi dengan detail dan ukuran sesuai dengan kondisi rumah sebenarnya untuk kemudian di cetak dalam kertas menggunakan skala gambar rumah sesuai dengan keinginan, berikut ini beberapa perintah command autocad untuk membuat gambar rumah
Cara membuat rumah dengan google sketchup juga mudah karena pengembangan software sketchup ini selalau di update menyesuaikan kebutuhan kita dalam membuat desain rumah, software ini dapat didownload langsung secara resmi di website penyedia software kemudian di install di komputer sehingga kita sudah bisa memnggunakanya sebagai alat desain rumah terbaik. software ini juga digunakan untuk membuat permodelan gambar di peta online yang menggambarkan bentuk bentuk gedung diseluruh dunia hasil kreatifitas pengguna internet di seluruh negeri. Berikut ini penjelasan tentang command sketchup.
Fungsi Tool Google Sketchup :
1. Select : Berfungsi untuk memilih atau memodifikasi objek/model
ketika menggunakan alat-alat lain atau perintah.
2. Make Component : Berbeda dengan Group, Make Component digunakan
untuk menggabungkan objek satukesatuan.
3. Paint Bucket : Digunakan untuk mewarnai atau menyisipkan material pada objek.
4. Eraser : Untuk menghapus gambar atau material.5. Rectangle : Untuk menggambar objek berbentuk kotak.
6. Line : Untuk menggambar garis lurus.
7. Circle : Untuk menggambar objek berbentuk bulat.
8. Arc : Untuk menggambar setengah lingkaran.
9. Polygon : Untuk menggambar objek segi 4, 6, 8 dan seterusnya.
10. Freehand : Untuk menggambar bebas.11. Move : Untuk memindahkan objek.
12. Push/Pull : Untuk mendorong atau mengubah objek menjadi 3 dimensi.
13. Rotate : Untuk memutar objek.
14. Follow Me : Untuk mendorong objek yang disesuaikan.
15. Scale : Untuk mengubah ukuran besar kecil objek yang di skala kan.
16. Offset : Menduplikasi garis objek yang disesuaikan.
17. Tape Measure Tool : Digunakan untuk mengukur.
18. Dimension : Digunakan untuk memberi dimensi pada objek.
19. Protractor : Untuk Ukur sudut miring Konstruksi dan menciptakan entitas Line.
20. Text Tool : Untuk menyisipkan tulisan.
21. Axes : Memindahkan atau reorientasi sumbu menggambar.
22. 3D Text : Membuat teks 3 dimensi.
23. Orbit : Untuk memutar pandangan objek.
24. Pan : Memindahkan pandangan objek secara vertikal dan horizontal
25. Zoom : Untuk memperbesar atau memperkecil pandangan objek.
26. Zoom Extents : Untuk memperbesar objek satu layar.27. Previous : Undo preview
28. Next : Redo preview
29. Position kamera : Posisi kamera (pandangan Anda) pada ketinggian tertentu untuk memeriksa objek saling berhadapan atau berjalan melalui model.30. Look Around : Pivot kamera (pandangan Anda) dari titik stasioner.
31. Walk : Berjalanlah melalui (tur) model.
32. Section Plane : Buat pemotongan bagian efek memungkinkan Anda untuk melihat geometri dalam mode
29. Position kamera : Posisi kamera (pandangan Anda) pada ketinggian tertentu untuk memeriksa objek saling berhadapan atau berjalan melalui model.30. Look Around : Pivot kamera (pandangan Anda) dari titik stasioner.
31. Walk : Berjalanlah melalui (tur) model.
32. Section Plane : Buat pemotongan bagian efek memungkinkan Anda untuk melihat geometri dalam mode
Cara membuat rumah dengan 3d Max dapat dilakukan dengan perpaduan software autocad dimana kita membuat model bentuk object terlebih dahulu di autocad kemudian melakukan import ke software 3d max, berbagai template object bangunan dapat digunakan untuk mempercepat dan mempermudah proses penggambaran rumah dengan 3d max, texture material dapat menggunakan hasil foto ke sebuah bahan bangunan kemudian dijadikan file jpg atau bisa juga dengan mencari texture material di internet melalui mesin pencari atau blog arsitektur penyedia texture bahan bangunan yang bisa di download gratis maupun berbayar. Cara membuat rumah dengan corel Draw hampir sama dengan software arsitek lainya namun diperlukan pengetahuan khusus mengenai menu dan tombol yang tersedia sehingga mampu membuat gambar rumah dengan baik. Demikian uraian singkat tentang cara membuat rumah dengan software arsitektur yang untuk secara detailnya dapat mengikuti setiap langkah pada buku tutorial autocad 3d max serta software lainya yang banyak beredar dipasaran sebagai karya para sahabat kita yang telah terlebih dahulu menggunakan software tersebut dan bersedia berbagai tutorial cara menggunakanya, selamat membuat rumah
SUMBER
http://www.ilmusipil.com/cara-membuat-rumah-dengan-software-arsitektur
http://arsitektur-me.blogspot.co.id/2014/07/mengenal-nama-dan-fungsi-tool-google.html?m=1
http://arsitektur-me.blogspot.co.id/2014/07/mengenal-nama-dan-fungsi-tool-google.html?m=1
ReplyDeleteRumah minimalis nya keren banget, saya juga cari disini loh :
Rumah Murah Pamulang
Rumah Dijual di Pondok Cabe